Sebarkan Informasi Terupdate

Tingkatkan Kedisiplinan dan Kemandirian, Siswa SMAN 5 Pekanbaru Ikuti Kemah Blok



SuksesPos.com, Pekanbaru,- Ratusan siswa kelas X SMAN 5 Pekanbaru mengikuti kegiatan Kemah Blok Kepramukaan yang diselenggarakan di lingkungan sekolah. Kegiatan ini bertujuan menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dan kemandirian.

Kepala SMAN 5  Pekanbaru, Selamet,S.Pd mengatakan, adapun tujuan dari kegiatan tersebut untuk membentuk karakter peserta didik. Dengan menanamkan sikap kedisiplinan, kepemimpinan dan kemandirian. Kegiatan kemah blok berlangsung selam  tiga hari, dimulai Jum'at(15/02/2019) sampai Minggu (17/02/2019).

"Dengan adanya kegiatan kemah ini mampu mengajarkan kepada siswa untuk dapat menumbuh kembangkan rasa kebersamaan, kekompakan dan saling tolong menolong. Sehingga mereka diharapkan memiliki tingkat kepribadian yang baik dengan rasa kepedulian sosial tinggi," ujar Selamet.

Selamet  menyebutkan, sebagai ekstrakurikuler wajib, kepramukaan harus diikuti oleh seluruh peserta didik dalam sekolah tersebut. Sedangkan Model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali. Hal ini merupakan penerapan kurikulum 2013(K 13).

"Melalui perkemahan wajib kepramukaan ini diharapkan akan tertanam nilai-nilai kedisiplinan dan kemandirian peserta didik, khususnya siswa kelas X yang ikut dalam kegiatan ini," ungkapnya.



Selain itu, juga dapat memberikan pemahaman tentang wawasan kepramukaan dan wawasan kebangsaan. Sehingga kedepan bisa diaplikasikannya dalam kehidupan, harap Selamet.

Sementara itu, Waka Kesiswaan SMAN 5 Pekanbaru, Restianto,S.Pd menambahkan, kegiatan Kemah Blok bertujuan untuk membentuk karakter siswa kelas X sebagai generasi penerus bangsa yang mandiri dan bertanggung jawab.

"Dengan kegiatan ini, mampu meningkatkan kedisiplinan dan menjadikan individu yang mandiri sehingga memiliki rasa tanggung jawab serta loyalitas terhadap sekolah dan mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi terhadap Negara," tambah Restianto.

Menurut Restianto, Kemah Blok Kepramukaan ini tidak lepas dari upaya menempa mental, budi pekerti, memperkuat iman dan takwa kepada Tuhan, melatih fisik agar kuat dan tangguh serta memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

" Melalui kemah blok ini, diharapkan akan dapat membentuk kepribadian siswa yang baik, kreatif, mandiri, tangguh, disiplin dan bertanggungjawab," pungkasnya.(jun).
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support