Monday, 4 March 2019

Kembangkan Jiwa Entreprenuer, Siswa SMAN 8 Pekanbaru Budidayakan Ikan Nila dan Lele di Kolam Sekolah.

Tags




SuksesPos.com, Pekanbaru, - Guna mengembangkan jiwa entreprenuer peserta didik, siswa kelas XI SMAN 8 Pekanbaru membudidayakan ikan Nila dan lele di 11 kolam sekolah.

Setelah selesai mengikuti upacara bendera, Senin(4/3/2019) pagi, Kepala SMAN 8 Pekanbaru Tavip Tria Candra,S.Pd menyerahkan tropi dan sertifikat kepada siswa yang berprestasi. 

Kemudian, Tavip yang didampingi oleh Waka Humas Amri,M.Pd dan Waka Kurikulum H.Joko Mahendro,MM yang disaksikan  peserta didik melepaskan ribuan bibit nila dan lele ke 11 Kolam dihalaman belakang sekolah.


Tavip mengatakan, budidaya ikan yang dilakukan disekolah merupakan pengembangan dari mata pelajaran kewirausahaa(PKWU).Tujuannya menanamkan dan mengembangkan jiwa entreprenuer siswa. Dimana agar para siswa sudah terbentuk jiwa-jiwa pembisnis. Dengan  harapan nantinya setelah mereka menamatkan pendidikan disekolah atau melanjutkan ke perguruan tinggi para siswa dapat membuka usaha sendiri secara mandiri.

Tavi mencontohkan, alumni SMAN 8 Pekanbaru yang melanjutkan Ke UGM Yogyakarta, mereka disamping menuntut ilmu(Kuliah), mereka juga membuka usaha sendiri seperti kafe dan loundri. Demikian juga siswa kita yang membudidayakan ikan nila dan lele. Disamping membudidaya, mereka bisa membuat pembibitan ikan dan mengolah lele menjadi naget lele atau kerupuk ikan. Inikan sudah mengembangkan semangat kewirausahaan, jelasnya.
Demikian juga bagi siswa yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, mereka bisa pula membuka usaha seperti hasil kerajinan maupun olahan kuliner. Yakni makanan dan minuman yang merupakan kreasi masakan khas Melayu Riau maupun masakan nusantara, terang Tavip.

Masih ditempat yang sama Waka Humas Amri menambahkan bahwa ada 11 kolam yang dibuat oleh siswa. Mulai dari kolamnya, bibitnya, makanan ikan dan pemeliharaannya semua dikelola oleh siswa secara berkelompok. 

" Dengan dibuatnya kolam sebagai tempat budidaya ikan, diharapkan akan memacu semangat kewirausahaan peserta didik. Dengan demikian akan tumbuh dan berkembangnya jiwa-jiwa pembisnis muda dimasa depan," harap Amri.(jun). 



EmoticonEmoticon