Sebarkan Informasi Terupdate

Mantap, SMKN 1 Pekanbaru Gelar USBN Berbasis Online.



SuksesPos.com, Pekanbaru,- Seacar serempak SMA/SMK Negeri melaksanakan Ujian Sekolah Berstandart Nasional(USBN) sejak tanggal 11- 22 Maret 2019 mendatang. 

USBN yang digelar di seluruh sekolah di Provinsi Riau  dilaksanakan secara manual yakni ujian dengan menggunakan pensil dan kertas. Namun lain halnya SMKN 1 Pekanbaru melaksanakan ujian dengan menggunakan android yakni sistem online.

Kepala SMKN 1 Pekanbaru Nurman Syafi'i, M.Pd ketika dikonfirmasi melalui waka kurikulum Hj. Nursawiyah,M.Pd  Senin(18/3/2019) mengakui memang siswanya melaksanakan USBN secara online dengan menggunakan Android(smartphon).

" Tahun ini USBN digelar dengan menggunakan  Android.  Peserta didik pada umumnya punya android. Kalau yang tidak punya, ya pakai laptop atau komputer aja, " ujar Nursawiyah.

Menurut Nursawiyah ada keistimewaannya. Yaitu anak-anak   tidak bisa capture dan screenshot. Dia hanya bisa menjawab soal saja.  Soal masing-masing anak berbeda. Dengan demikian tingkat kejujuran(intergritasnya) lebih tinggi. 

Adapun soalnya  dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 50 soal objektif. Sedangkan mata pelajaran matematika 35 soal objektif dan 5 esay, jelasnya.

Lebih jauh, Nursawiyah menjelaskan, tahun ini diikuti sebanyak 344 peserta yang dibagi kedalam 5 ruang dengan 3 sesi. Dimana  setiap materi yang diuji waktunya 90 menit. Hasilnyapun dapat diprint out.

Dikatakan, dari 344 siswa terdiri dari lima jurusan kompetnsi keahlian. Yakni jurusan Adminiatrasi  Perkantor, Akutansi Keuangan, Manajemen Bisnis, Pariwisata Usaha Perjalan Wisata dan Teknik Komputer Jaringan(TKJ)

Nursawiyah mengatakan USBN dengan menggunakan  android ini baru perdana digelar. Kedepan, renacananya  akan diterapkan pada ujian semester.

Dengan menggunakan android ini lebih mudah. Sehingga tidak merepotkan siswa maupun pengawas. Setelah disosialisasi dan diterapkan, tidak ada komplain dari peserta didik.Malah siswa lebih senang, tuturnya.

" Saya berharap dengan  dilaksanakan USBN secara online akan lebih memberikan kemudahan, efektifitas dan mampu meningkatkan integritas kejujuran peserta didik. Semoga pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses. Sehingga siswa dapat pula menjawab soal dengan benar. Dengan demikian dapat memperoleh nilai terbaik," pungkasnya optimis.(jun). 
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support