Tuesday, 2 April 2019

SMPN 18 Pekanbaru Gelar Khatam Qur'an dan Muhasabah. Acara Berlangsung Khidmat.

Tags


SukesPos.com, Pekanbaru,- Pelaksanaan Khatam Qur'an dan Muhasabah  siswa Kelas IX SMPN 18 Pekanbaru berlangsung khidmat. 

Sejak pukul 7.30 pagi Selasa(2/4/2019) siswa peserta khatam Qur'an mengikuti pawai ta'ruf yang dilepas langsung oleh Kepala Sekolahnya Liky Deswita,M.Pd.  Rombongan fawai ta'ruf melintasi jalan Lily,  masuk  jalan Akademi kemudian melintasi jalan Dahlia masuk gang Kemiri dan terus kembali ke sekolah dengan diringi Drumband sekolah.

Sesampainya dihalaman  sekolah rombongan pawai ta'ruf yang ikut khatam langsung menuju tempat berlangsungnya pelaksanaan khatam Qur'an.  Acara berjalan tertib dan lancar dan khidmat. Terlihat warga sekolah antusias mengikuti prosesi acara khatam Qur'an tersebut.

Kepala SMPN 18  Pekanbaru Lily Deswita,M..Pd mengatakan acara khatam qur'an ini sudah menjadi agenda tahunan. Dimana setiap tahunnya digelar bagi siswa yang akan menamatkan pendidikannya di SMPN 18 Pekanbaru. Tahun ini diikuti 173 siswa.

Lily mengucapkan terimaksih kepada kepala Dinas Pendidikan kota Pekanbaru  yang memberikan support, ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Bapak pengawas, majelis guru, orang tua siswa dan komite yang telah mendukung terlaksananya acara khatam qur'an.

" Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Kadisdik, yang diwakili pengawas pembina, majelis guru, komite dan orang tua siswa yang telah berpartisifasi sehingga terlaksananya acara ini dengan baik dan sukses," ujar Lily.

Lebih jauh, Lily  mengatakan pergelaran khatam Qur'an ini merupakan implemtasi dari penguatan pendidikan karakter yakni nilai relegius. Khatam Qur'an bukan berarti siswa telah tamat, akan tetapi merupakan awal bagi siswa dalam mempelajari dan menggali dan memahami isi kandungan Al-qur'an. Yang nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain KhatamQur'an, juga dilaksanakan muhasabah dengan menghadirkan penceramah(ustadz) Encik Irfan. Ustadz memberikan tausiah dan sekaligus memimpin acara muhasabah.

Menurut Lily, tujuan dari muhasabah yakni memberikan motivasi kepada siswa kelas IX untuk menghadapi Ujian Nasional yang sudah diambang pintu. Kemudian juga menjadi momen introfeksi bagi siswa terhadap apa yang telah dikerjakannya selama ini.

" Dengan digelarnya Khatam Qur'an dan Muhasabah, diharapkan siswa benar-benar siap mengikuti UNBK. Baik kesiapan menguasai materi ujian maupun kesiapan mentalnya," harapnya optimis.

Selain komite, juga tampak hadir Camat, Lurah, RT, RW, Polsek dan Babinsa. Acara ditutup dengan sungkemen siswa kepada orang tuanya masing-masing. Dilanjutkan dengan do'a dan makan siang bersama.(jun).


EmoticonEmoticon