Wednesday, 1 May 2019

SMPN 34 Pekanbaru Gelar Khatam Qur'an dan Pelepasan Siswa Kelas IX.

Tags




SukesPos.com, Pekanbaru,- Pelaksanaan Khatam Qur'an dan sekaligus perpisahan siswa Kelas IX  SMPN 34 Pekanbaru berlangsung khidmat.


Sejak pukul 7.30 pagi Selasa(30/4/2019) siswa peserta khatam Qur'an mengikuti pawai ta'ruf yang dilepas langsung oleh Kepala sekolahnya Hj. Rima Pepitra,MM yang disaksikan  oleh  orang tua siswa. Rombongan fawai berjalan menuju tempat acara khatam Qur'an.


Sesampainya dihalaman  sekolah rombongan pawai ta'ruf yakni para siswa yang ikut khatam langsung menuju pentas terbuka tempat berlangsungnya pelaksanaan khatam Qur'an.  Acara berjalan tertib, lancar dan khidmat. Terlihat warga sekolah antusias mengikuti prosesi khatam Qur'an tersebut.


Kepala SMPN 34 Pekanbaru Hj. Rima Pepitra, MM mengatakan acara khatam qur'an ini sudah menjadi agenda tahunan. Dimana setiap tahunnya digelar bagi siswa yang akan menamatkan pendidikannya di SMPN 34 Pekanbaru.


Kepada peserta didik Rima  mengingatkan agar para siswa menjadikan mengaji atau membaca al Qur'an sebagai kebutuhan dan pembiasaan.


"  Jadikanlah mengaji sebagai kebutuhan dan pembiasaan. Tiada hari tanpa mengaji. Paling tidak 1 hari 1 halaman. Seperti membuka WA. Kalau tidak membuka WA sehari rasanya ada yang kurang," tegas Rima.


Menurut Rima, di zaman melanium ini perlu adanya kesimbangan antara dunia dan akhirat. Untuk itulah Al-qur'an haruslah dipelajari dimulai dengan membacanya.


Rima  juga mengucapkan terimaksih kepada kepala Dinas Pendidikan kota Pekanbaru  yang memberikan support, ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Bapak pengawas, majelis guru, orang tua siswa dan komite yang telah mendukung terlaksanaanya acara khatam Quran.


" Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Kadisdik, yang diwakili pengawas pembina, majelis guru, komite dan orang tua siswa yan telah berpartisifasi sehingga terlaksananya acara ini dengan baik dan sukses," ujar Rima.


Lebih jauh, Rima  mengatakan pergelaran khatam Qur'an ini merupakan implemtasi dari penguatan pendidikan karakter yakni nilai relegius. Khatam Qur'an bukan berarti siswa telah tamat, akan tetapi merupakan awal bagi siswa dalam mempelajari dan menggali serta memahami isi kandungan Al-qur'an. Yang nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Selain Khatam Qur'an, juga dilaksanakan perpisahan dan pelepasan siswa kelas 9 yang telah menamatkan pendidikannya disekolah.


Ditempat yang sama ketua panitia Hasna Eli,S.Pd mengatakan, untuk tahun ini pergelaran khatam Qur'an sengaja disatukam dengan acara perpisahan siswa kelas IX. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya juga untuk mengefisien waktu.


Menurut Hasna Eli tahun ini sebanyak 233 siswa kelas 9 yang mengikutikhtam qur'an. Semoga dengan khatam qur'an akan dapat membentuk karakter siswa yakni relegius.


Sari pantauan terlihat hadir pengawas pembina Sinas Pendidikan kota pekanbaru, pengawas dari Kemenag kota, komite, Camat, lurah, RT, RW dan orang tua siswa.


Acara ditutup dengan slam-salaman dan makan siang bersama.(jun)






EmoticonEmoticon