Tuesday, 3 September 2019

Hebat, Siswa SMAN 4 Pekanbaru Launching Produk Briket dan Pupuk Organik Cair.

0 comments





SuksesPos.com, Pekanbaru,- Hebat, inilah kata yang patut dipersembahkan buat siswa SMAN 4 Pekanbaru yang telah berhasil membuat produk yakni briket( bahan bakar arang) dari daun ketapang dan pupuk organik cair dari buah-buahan yang sudah busuk.

Peluncuran produk briket dan pupuk organik cair ini mendapat apresiasi dari Kadis Perindustrian Riau
Drs.Asrizal M.Pd yang melihat secara langsung hasil karya siswa tersebut ya g didampingi oleh Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj.Yan Khoriana,M.Pd, Senin(2/9/2019).

Menurut Asrizal apa yang telah dilakukan SMAN 4 Pekanbaru sudah sangat bagus, karena mampu mengolah sampah menjadi barang bernilai ekonomi. Hal ini dapat menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan dan memotivasi siswa untuk menjadi seorang enterpreneurship.

Disamping itu, juga ditampilkan karya siswa lainnya seperti tanjak dan selempang, tekad melayu hasil sulaman dari peserta didik.

Melihat hasil kreativitas dari peserta didik tersebut Asrizal sangat bangga dan mensupport SMAN 4 dalam bentuk pendampingan dan kerjasama (MoU), agar hasil produk karya siswa kedepannya akan  lebih maksimal.


Sementara itu, Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj. Yan Khoriana.MPd mengatakan bahwa jiwa enterprenur ini perlu ditanamkan dan dikembangkan kepada siswa. Sebab, tidak semua siswa SMAN 4 melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Makanya,  sekolah sudah membekali jiwa enterprenur melalui kegiatan kewirausahaan kepada siswa.

"Kalaupun kami tidak sekolah kejuaran tapi kami terus berinovasi melalui produk yang kami hasilkan seperti tadi sudah kita lihat pembuatan pupuk cair organik dari buahan busuk yang tak dipakai lagi serta pembuatan briket dari daun kering ketapang," tegas Khori.

Selain produk olahan, lanjut Khori ada salah satu siswa yang berhasil menjadi wirausaha pembuatan bakpau beragam rasa. Biasa bakpau dari tepung, tapi bakpau buatan siswa SMAN 4 ini dari umbi umbian." Ya, tadi pas dikenalkan bakpau buatan siswa ini langsung direspon positif oleh Pak Kadis dan mereka berencana membuatkan surat izin usaha untuk siswa yang bersangkutan," tutup Khori.(jun).


No comments:

Post a Comment