Sebarkan Informasi Terupdate

Belajar Demokrasi, Pemilihan Ketua OSIS SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru Bagaikan Pemilu.


SuksesPos.com, Pekanbaru,- SMK Farmasi Pekanbaru  menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2019-2020 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), Kegiatan tersebut  digelar di lapangan sekolah, Sabtu(28/9/2019) pagi. 
Kepala SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru Endria Erman,S.Si mengatakan  tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.
Dalam pelaksanaannya, sudah disiapkan properti pemilihan oleh panitia, seperti bilik suara dan kotak suara.
Sebelum mencoblos, ratusan siswa nampak mengantre untuk menyerahkan undangan pencoblosan yang diterima dari panitia penyelenggara pemungutan suara. Setelah menyerahkan undangan, para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.
Setelah mencoblos, siswa melipat surat suara seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, panitia memberikan tanda berupa tinta di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali, jelas Endria.

Menurut Endria pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin yang sudah digelar setiap tahunnya.  Dengan maksud  memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu.
“Kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, debat kandidat, pemaparan visi misi dan proses pemilihan”, tuturnya.
Setelah itu, lanjut Endria, diteruskan dengan penghitungan suara oleh para petugas TPS disaksikan oleh saksi. Setelah surat suara dihitung, hasilnya dapat dilihat hari ini juga.

Sementara itu, waka kesiswaan Sumetri Elona,SPd menambahkan kegiatan tersebut diikuti oleh para guru, pegawai dan seluruh peserta didik. 
" Alhamdulillah pelaksanaan pemilihan berlangsung tertib, aman dan lancar, siswapun antusias mengikutinya," ucap Elon.
Dari hasil perhitungan suara yang sah, terbanyak diraih oleh pasangan urut 2 yakni pasangan Alif Abdul Aziz dan Abdel Vandian Dinata, tutup Elon.(jun).

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support