Sebarkan Informasi Terupdate

Pelaksanaan Asesmen Nasional SMAN 14 Pekanbaru Berjalan Tertib dan Lancar.

SuksesPos.com, Pekanbaru,- Guna memetakan kualitas pendidikan secara nasional, Pemerintah pusat melalui Kemendikbudristek RI telah membuat program Asesmen Nasional Berbasis Komputer(ANBK) tahun 2021. Salah satu sekolah di Riau yang ikut melaksanakan asesmen nasional tahun ini adalah SMAN 14 Pekanbaru.

" Alhamdulillah pelaksanaan Asesmen Nasional di SMA Negeri 14 Pekanbaru berjalan dengan baik, tertib dan lancar," ungkap Aslindawati,S.Pd,MM kepala SMAN 14 Pekanbaru kepada SuksesPos.com melalui WAnya, Kamis(30/9/2021).

Aslindawati menyebutkan menurut jadwal dari Kementrian  pelaksanaan asesmen  dilalukan sejak tanggal 27 sampai tanggal 30 September 2021. 

Dikatakannya, peserta didik bersemangat mengikuti kegiatan ini, mudah-mudahkan akan mendapatkan nilai kompetensi sekolah yang baik sehingga Kementerian bisa membuat kebijakan yang tepat dalam meningkatkan mutu sekolah.


Menurut Linda panggilan akrabnya, Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar peserta didik yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Lebih lanjut dikatakannya,  asesmen nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antar daerah, atau pun kesenjangan antar kelompok berdasarkan atribut tertentu). 

Linda menjelaskan asesmen nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik. Asesmen nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Pelaksanaan asesmen nasional di SMA Negeri 14 Pekanbaru diikuti oleh 45 siswa dengan 5 peserta cadangan, Kepala Sekolah dan 58 Orang Guru.
 
Peserta didik yang menjadi sampling sebanyak 45 orang yang dipilih oleh pihak kementrian mengikuti asesmen nasional dengan Materi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) Literasi dan Survei Karakter dilaksanakan pada hari pertama Senin, tanggal 27 September 2021. Sedangkan materi AKM Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar dilaksanakan pada hari kedua, Selasa, tanggal 28 September 2021.

Kepala Sekolah dan seluruh Guru yang terdaftar di dapodik mengikuti kegiatan Asesmen Nasional ini pada hari Rabu tanggal 29 September 2021 dan Kamis, 30 September 2021 dengan Materi Survei Lingkungan Belajar, pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, tutup Linda(jun).


Share:

0 Comments:

Post a Comment

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support