Sebarkan Informasi Terupdate

Wednesday, 23 March 2022

Wako Buka Ujian Terbuka Sertifikasi Tahfizh Al-quran 5-20 Juz SMP Negeri Madani Pekanbaru.

| Wednesday, 23 March 2022
SuksesPos.com, Pekanbaru,- Wali Kota(Wako) Pekanbaru DR.H.Firdaus,ST,MT membuka secara resmi pelaksanaan ujian terbuka sertifikasi Tahfizh Al-Qur'an 5-20 Juz dan Launching Website sekolah di Mushalla Al-Firdaus SMP Negeri Madani Pekanbaru, Rabu(23/3/2022).

Selain Wali Kota Pekanbaru juga hadir Kabid SMP Dinas Pendidikan  Nurbaiti,M.Pd, kepala SMP se-Pekanbaru, majelis guru dan peserta didik.

Walikota Pekanbaru dalam arahannya menyambut baik dilaksanakannya ujian terbuka Tahfizh Al-qur'an bagi siswa kelas 9 SMP Negeri Madani.

" Saya menyambut baik dilaksanakannya ujian Tahfizh Qur'an ini. Semoga anak-anak kita ini menjadi generasi Islam yang qur'ani," ungkap Wako.

Menurut Wako target yang ingin dicapai, siswa yang menyelesaikan pendidikannya di SMPN Madani minimal hafal 15 juz ayat AL-qur'an.

Wako menyebutkan Al-qur'an sebagai sumber ilmu pengetahuan, untuk itu diharapkan kepada peserta didik untuk mencintai dan mempelajari Al-qur'an dengan harapan mereka nantinya akan menjadi generasi yang unggul sebagai pemimpin yang mampu mensejahterakan bangsa dan negeri ini. Khususnya kota Pekanbaru menjadi Baldatun Toyyibatun Warrobbun Ghafur.

" Melalui kegiatan ini diharapkan terbentuknya generasi Islam Qur'ani yakni generasi yang mampu membaca, menghafal, memahami dan mengaplikasikan ajaran yang terkandung dalam Al-qur'an dalam hidup dan kehidupannya sehari-hari," harap Wako.
Sementara itu kepala SMP Negeri Madani Pekanbaru Abdurrohman,S.Pd mengatakan, kegiatan ini adalah agenda tahunan yang rutin dilakukan. Dimana untuk kali ini merupakan angkatan ke 4 bagi siswa kelas 9 untuk Tahfizh yakni hafalan terakhir bagi mereka selama menimba ilmu di SMP Madani, sedangkan siswa kelas 7 dan 8 yang ikut dalam ujian sertifikasi ini merupakan proses hafalan ayat-ayat Al-qur'an.

" Ujian sertifikasi Tahfizh ini merupakan hafalan terakhir bagi siswa kelas 9, sedangkan untuk kelas 7 dan 8 sebagai proses memantapkan hafalan mereka terhadap ayat-ayat Al-qur'an yang telah diajarkan oleh para guru Tahfizh," tuturnya.

Lebih lanjut Abdurrohman menyebutkan, kegiatan tahfizh ini sudah menjadi rutinitas peserta didik sejak dimulainya penerimaan siswa baru. Dimana untuk siswa kelas 7 diharapkan mampu menghafal 5 juz, untuk kelas 8 menghafal 10 juz dan kelas 9 menghafal 15 juz.

" Alhamdulillah sampai saat ini, siswa kita sudah ada yang hafal 16 juz dan ada yang sudah hafal 20 juz. Inilah capaian tertinggi selama kegiatan ini berlangsung yakni mencapai hafalan 20 juz. Kita berharap kepada peserta didik, tidak hanya sampai disini, akan tetapi setelah tamat nanti akan terus melanjutkan hafalannya secara mandiri sampai 30 juz. Dengan demikian kedepan akan lahirlah hafizh dan hafizoh qur'ani yang handal," harap Abdurrohman. 

Dalam kesempatan ini, Abdurrohman menghimbau kepada peserta didik agar terus menambah hafalannya. Demikian juga diminta kepada orang tua siswa untuk mendukung dan memotivasi putra putrinya untuk senantiasa menambah hafalan Al-qur'an hingga mencapai 30 juz.

" Diharapkan kepada siswa tidak hanya sampai disitu saja, akan tetapi hendaknya selalu meningkatkan dan menambah hafalannya. Kepada orang tua diharapkan mensupport dan mendorong anak-anaknya untuk menambah hafalannya sampai 30 juz. Sehingga apa yang diharapkan bersama menciptakan hafizh dan hafizoh dapat terwujud," himbaunya.

Lebih jauh, Abdurrohman menjelaskan, dalam program tahfizh qur'an ini pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa sekolah yang ada program tahfizhnya dan juga melakukan kerjasama dengan LPTQ kota Pekanbaru. Dimana pada pelaksanaan ujian tahfizh ini siswa diuji oleh tim penguji atau dewan hakim MTQ dari LPTQ dan setelah diuji peserta didik diberikan sertifikat oleh LPTQ.

" Sertifikat tahfizh ini akan mempermudah siswa kita untuk melanjutkan pendidikannya kesekolah yang diinginkan melalui jalur prestasi. Seperti tahun lalu siswa kita banyak diterima disekolah favorit yakni di SMA 8, SMA Plus, MAN 1 dan MAN 2," terang Abdurrohman.

Abdurrohman menyebutkan, pada momen yang sangat baik ini juga, telah dilauchingkannya website sekolah yakni www.smpnmadani pekanbaru.sch.id. Dengan adanya website sekolah ini diharapkan akan memudahkan mayarakat untuk mengakses informasi tentang kegiatan siswa dan berbagai program sekolah, termasuk tentang PPDB.

" Pada April mendatang SMPN Madani akan membuka PPDB tahun pelajaran 2022/2023. Sekarang sedang diproses di Dinas Pendidikan. Kita akan sampaikan brosur ke pihak kecamatan dan ke pada kepala sekolah dasar(SD)se-kota Pekanbaru. Yang menjadi syarat utamanya adalah calon siswa baru harus hafal minimal 2 juz Al-qur'an," pungkasnya.(jun).


Related Posts

No comments:

Post a Comment