Sebarkan Informasi Terupdate

Friday, 27 May 2022

Shabrina Putri Syahradini, Siswa SMAN 4 Pekanbaru Lolos Pertukaran Pelajar Ke Jepang.

| Friday, 27 May 2022



SuksesPos.com, Pekanbaru, -Shabrina Putri Syahradini, siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri(SMAN) 4 Pekanbaru itu  menjadi salah satu siswa Indonesia yang akan berangkat ke Jepang. Shabrina ke Jepang dalam rangka mengikuti program pertukaran budaya pelajar SMA di Asia.

Shabrina lolos seleksi Asia Kakehashi Progam, sebuah program beasiswa dari pemerintah Jepang untuk siswa dan siswi SMA Indonesia yang bertujuan menjembatani pemahaman antarbudaya Jepang dengan negara-negara di Asia, termasuk Indonesia. Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang.

Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj.Yan Khoriana,M.Pd mengucapkan Selamat dan sukses kepada Shabrina yang telah berhasil menjadi duta Indonesia dan SMAN 4 dalam pertukaran pelajar tersebut.

" Mohon doanya agar kegiatan ini berjalan lancar. Semoga anak kita Shabrina selalu diberi kesehatan dan kenyamanan selama mengikuti program ini. Anak kita ini akan memperkenalkan  budaya Indonesia, khususnya budaya Riau kepada masyarakat Jepang," kata Yan Khoriana, Jum'at(27/5/2022).

Sementara itu Shabrina mengucapkan rasa syukur, karena dirinya menjadi salah satu duta Indonesia dari 33 pelajar se- tanah air  yang lolos seleksi pertukaran pelajar ke negeri sakura tersebut.

Menurut Shabrina program ini memberikan kepada kita kesempatan untuk dapat merasakan langsung bagaimana sih kehidupan di Jepang itu selama kurang lebih 10 bulan dan semua biaya hidup ditanggung penuh oleh MEXT yaitu Kementrian Pendidikan Jepang.

Dikatakannya, ada 3 tahapan seleksi yang harus dilalui, yakni seleksi berkas, selekai wawancara dan seleksi interaksi kelompok. Nah diprogram ini tidak hanya siswa berprestasi dalam akademik saja yang dipilih, tapi juga siswa yang aktif dalam organisasi.

Nah, saya daftar untuk program AKP tahun 2022/2023 yang mana saya mendaftar di batch terakhir, karena program ini sudah dimulai dari tahun 2018. Motivasi saya untuk mengikuti program ini adalah karena saya tertarik dengan dunia pendidikan dan juga psikologi, jadi saya berpikir tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan di program ini karena seperti yang kita ketahui Jepang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.


Untuk mendaftar program ini, kita diharuskan mendaftar melalui chapter binaantar budaya terdekat dari daerah kita, saya pun mendaftar di chapter Padang. Nah di chapter Padang ini saya bersaing dari teman teman daerah lain, seperti Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Padang, dan sekitarnya.


Ditahap seleksi pertama diumumkan pada tanggal 19 November 2021 dan disana tertera nama saya bersama 11 orang lainnya. Alhamdulilah sekali saya dapat melewati tahap seleksi berkas, karena walaupun hanya seleksi berkas, ada banyak teman teman yang nyatanya tidak lolos pada tahap ini. Selanjutnya adalah tahap seleksi Wawancara yang dilaksanakan pada 21 November 2021 dan diumumkan pada tanggal 29 November dan saya dinyatakan lolos untuk seleksi tahap chapter bersama dengan 3 orang lainnya dari chapter Padang. Selanjutnya adalah seleksi nasional dimana berkas berkas kita akan dibandingkan dengan berkas peserta lainnya dari seluruh Indonesia. Dan Alhamdulillah pada tanggal 27 Januari 2022 telah diumumkan nama yang terpilih untuk mengikuti program Asia Kakehashi dari chapter Padang dan Alhamdulillah saya lolos dan telah resmi menjadi finalis Asia Kakehashi Program, tutupnya.(rls/jun)



Related Posts

No comments:

Post a Comment