Sebarkan Informasi Terupdate

Thursday, 23 June 2022

Sukseskan Program Bank Sampah SDN 51 Pekanbaru Berikan Reward Kepada Siswanya.

| Thursday, 23 June 2022

SuksesPos.com, Pekanbaru,-  SDN 51 Pekanbaru  memberikan Reward atau penghargaan berupa hadiah kepada siswanya yang aktif dan terbanyak mengumpulkan dan memilah sampah dalam rangka mensukseskan program bank sampah di sekolah.

Reward tersebut diserahkan oleh kepala SDN 51 Pekanbaru Elya,S.Pd di halaman sekolah Kamis(23/6/2022) pagi.

" Pagi ini kita sengaja memberikan reward kepada peserta didik yang aktif mengumpulkan sampah di bank sampah sekolah. Tujuannya memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih semangat lagi mengumpulkan dan memilah sampah," ungkap Elya.

Menurut Elya, pihaknya sangat mendukung program ini, karena tugas kita sebagai pendidik bagaimana mengajak warga sekolah yakni guru dan siswa untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekolah yang bersih.

Ia mengatakan hingga kini siswa di sekolahnya sudah menjadikan nasabah bank sampah yang aktif.

Dengan diberikannya reward ini diharapkan akan dapat mendorong agar para siswa semakin termotivasi untuk menjadi nasabah bank sampah, karena ini masuk penilaian karakter siswa.

"Setiap guru mata pelajaran selalu memberikan nilai tambahan bagi siswa yang memiliki karakter baik, seperti menjadi nasabah dan menabung sampah di bank sampah sekolah," katanya.

Elya menyebutkan program bank sampah ini adalah program Pemko Pekanbaru yang bertujuan untuk mengurangi timbunan sampah anorganik di sekolah  serta meningkatkan partisipasi warga sekolah untuk bisa memilah sampah dari sumbernya.

Lebih lanjut Elya menjelaskan, dimana warga sekolah( guru dan siswa) memilah sampahnya dari rumah dan menyetor sampah kepada bank sampah yang ada di sekolah.

Sampah yang telah dikumpulkan oleh bank sampah sekolah selanjutnya setiap hari Sabtu akan dijemput atau diambil oleh pihak Dalang Colection sebagai mitra kerjasama yang ditukar dengan pundi-pundi rupiah.

Selain itu, peserta didik dibawah bimbingan para guru juga dapat mendaur ulang sampah bekas ini menjadi barang-barang yang berguna dan bernilai ekonomis seperti membuat bunga, tempat tisu, tas, hiasan dinding, alas meja, pot bunga dan baju.

" Saya berharap dengan diberikan reward akan memicu semangat peserta didik untuk mengolah sampah dan selalu hidup sehat serta menjaga lingkungan sekolah yang bersih," harapnya optimis.(jun).


Related Posts

No comments:

Post a Comment