Sebarkan Informasi Terupdate

Friday, 26 August 2022

Ratusan Siswa TK Se-Kecamatan Kulim Ikuti Peragaan Manasik Haji.

| Friday, 26 August 2022


SuksesPos.com, Pekanbaru,- Ratusan anak-anak tampak antusias belajar menjalankan simulasi ibadah haji, dalam kegiatan manasik haji yang digelar oleh Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanan-kanak Indonesia(GOP TKI)) Kecamatan Kulim di halaman Kantor Camat Kulim Pekanbaru, Kamis(25/8/2022). Kegiatan manasik haji itu diikuti sekitar  500 siswa  Taman Kanak-Kanak (TK) dari 17 lembaga pendidikan di wilayah Kecamatan Kulim.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua GOP TKI Kota Pekanbaru Ibu Hj.Fitriani Jamil, Camat Kulim Marzali,S.Sos beserta Isteri, Ketua GOP TKI Kecamatan Kulim Junaida Muchtarudin, Kabid Paud dan PNF Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Reni Befita, pengawas TK Dwi Wijanastuti,S.Pd, lurah se-Kecamatan Kulim, orang tua siswa dan para undangan lainnya.

Camat Kulim Marzali dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada GOP TKI yang telah menggelar acara manasik haji bagi anak-anak TK.

" Saya ucapkan terimakasih kepada panitia dan GOP TKI Kecamatan yang telah menggelar kegiatan manasik haji bagi siswa TK, somoga kegiatan ini  berlanjut dan dapat terlaksana setiap tahunnya," ucapnya.

Menurut Marzali, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini, dengan harapan kegiatan manasik haji berjalan dengan lancar dan sukses.

Sementara itu Ketua GOP TKI Hj.Fitriani Jamil dalam arahannya memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berperan mensukseskan acara peragaan manasik haji bagi siswa TK.

Menurutnya kegiatan manasik haji itu sangat penting diperkenalkan kepada anak sejak dini. Agar mereka memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara pelaksanaan rukun Islam kelima tersebut dengan benar.

" Kita berharap dengan kegiatan ini akan   memperkenalkan dan menambah pengetahuan  anak didik tentang pelaksanaan ibadah haji menurut tuntunan Islam," harapnya.

Ditempat yang sama Ketua Pelaksana Hamimah,SP dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Camat dan jajarannya yang telah memfasilitasi kegiatan ini.  Ia menyebutkan kegiatan manasik haji ini baru pertama kalinya digelar di Kecamatan Kulim yang diikuti 500 anak  dari 17 TK se-Kecamatan Kulim.

Selaku panitia pelaksana manasik haji, pihaknya merasa sangat bahagia, karena acara ini dapat terselenggarakan, dimana lebih kurang dua tahun kita tidak dapat melakukan kegiatan ini, dikarenakan adanya wabah Covid-19, sehingga aktifitas kita terhambat.

" Agenda manasik haji ini merupakan agenda rutin tahunan yang kita lakukan. Biasanya kegiatan ini dipusatkan di Masjid Aging An-Nur, Alhamdulillah dengan adanya pemekaran wilayah di kota Pekanbaru dan terbentuknya Kecamatan Kulim, maka GOP TKI untuk pertama kalinya dilaksanakan dihalaman Kantor Camat Kulim ini," tutur Hamimah.

Dikatakannya kegiatan manasik haji tersebut digelar dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada anak-anak tentang konsep haji sejak dini sebagai rukun Islam kelima. Dimana mereka sudah memiliki pengetahuan tentang haji. Pengetahuan ini diberikan dalam sentra peran mereka melaksanakan tawaf, wukuf, sa'i dan sebagainya. Semua itu kami perkuat agar kelak mereka benar benar melakukan ibadah haji bila dewasa nanti. Aamiin, sebut Hamimah.

Ia berharap kegiatan ini mampu menjadi pengalaman dan bekal relegi bagi anak- anak dalam kehidupannya kelak. Semoga anak kita nantinya akan dipanggil untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Makkah.

"  Kami menyadari pelaksanaan manasik haji ini banyak kekurangannya, untuk itu kami seluruh panitia mohon maaf yang sebesar-besanya," tutupnya.

Dari pantauan dilapangan dibawah bimbingan Ustadz.Hariyanto Seregar,M.Sy anak-anak TK tersebut dengan mengenakan pakaian ihram tampak bersemangat dan antusias menjalankan rangkaian rukun haji, sambil membaca talbiyah, takbir, doa dan zikir.(rls/jun).



Related Posts

No comments:

Post a Comment